Cara Bertani Cerdas

Buah Unggul. Diberdayakan oleh Blogger.
Pasar tanaman buah unggul saat ini masih tetap stabil, meski tingkat keuntungannya sangat kecil. Berbeda dengan pasar tanaman hias lainnya seperti aglaonema dan lainnya yang sekali booming dan harganya bisa selangit, namun tiba-tiba turun kembali. Demikian diungkapkan, Made Supala, pemilik stan buah unggul di kawasan Padanggalak Sanur, belum lama ini.

Ia mengatakan, pasar tanaman buah unggul hampir sama dengan tanaman hias seperti anggrek yang permintaannya tetap stabil dan harganya pun demikian. Saat ini buah unggul yang dibudidayakannya berbagai macam jenis mulai dari jambu, durian, nangka, srikaya dan lainnya yang merupakan hasil silangan.
Lebih jauh dikatakan, saat ini pasar buah unggul silangan srikaya yang dibuatnya akan dikirim ke Jakarta bersama jenis pohon buah unngul lainnya seperti jeruk comquat dengan jumlah keseluruhan berkisar 3.000 bibit.

Dijelaskan, sebagai pemulia, srikaya yang disilangkan tersebut dinamainya srikaya surix sesuai dengan nama anaknya. “Tanaman srikaya surix tersebut merupakan tanaman silangan jenis baru, di mana hasil silangan antara srikaya sanpablo dari Amerika Selatan dengan srikaya nenas dari Taiwan ,” katanya.
Lebih jauh dijelaskan, kelebihan srikaya surix tersebut yaitu buahnya hampir tidak berbiji, dan rasanya lebih legit dari pineapple serta manis, dengan berat per buah mencapai 300-500 gram dengan warna buah merah dengan semburat kehijauan. Srikaya jenis ini berbeda jauh dengan srikaya lainnya, sebab dalam setahun bisa panen sampai tiga kali, di samping juga berbuah tanpa mengenal musim. Yang terpenting lebih diintensifkan pemberian pupuk kompos serta tingal dipangkas setelah panen, sehingga tumbuh tunas baru yang akan menghasilkan buah.

Ia mengatakan, selain memiliki kelebihan tentu saja tanaman tersebut juga memiliki kelemahan. Kelemahan tanaman buah srikaya surix tersebut yaitu terserang bubuk putih serta lalat buah, apalagi kondisi sekarang yang bisa dibilang musim kering basah. Namun, dikatakan hal itu tidak perlu dikawatirkan, saat ini sudah ada pembungkus khusus buah, sehingga bubuk putih serta lalat buah tidak bisa menyerang.

Ia menambahkan, mengenai harga tanaman srikaya surix bervariasi, tergantung kebaruan serta proses penyilangannya. Jika memakan waktu lama proses penyilanganya maka harganya juga mahal. “Proses penyilangannya sampai selesai memerlukan waktu 7 tahunan,” ujarnya.

Lebih jauh diungkapkan, untuk bibit srikaya surix dijual dengan harga mulai dari Rp 15 ribu - Rp 150 ribu per pohon, sedangkan untuk pohon yang sudah berbuah mulai dari Rp 400 ribu - Rp 500 ribu per pohon.

Foto Buah Unggul, artikel dikutip dari Bisnisbali.com 14 Des 2010.