Cara Bertani Cerdas

Buah Unggul. Diberdayakan oleh Blogger.
Kini telah ada tanaman buah persilangan antara buah srikaya dengan buah nona di Bali . Bibit tanaman buah tersebut juga sudah dipasarkan. Seperti halnya di stan tanaman buah unggul milik Made Supala di kawasan Padanggalak Denpasar, ada berbagai tanaman buah unggul yang unik, salah satunya yakni nona sri.

Menurut Made Supala, Rabu (18/7) kemarin, nona sri merupakan hasil persilangan antara buah nona dengan srikaya yang lain genom namun masih dalam satu family. 

Dikatakan, kelebihan buah nona sri ini yakni jika srikaya umumnya memiliki kulit berwarna hijau atau kuning, namun nona sri memiliki kulit berwarna merah, bahkan warna merah tersebut juga ada dalam daging buahnya jika dibelah. Lebih jauh dikatakan, uniknya ruas atau sisik pada kulit buah nona sri berbeda dengan srikaya dan tidak seperti buah nona. 

Ia mengatakan, intensitas jumlah buahnya hampir sama dengan tanaman srikaya serta nona. Hanya saja ukuran buahnya lebih besar dari kedua jenis buah tersebut. "Nona sri memiliki ukuran buah 300 - 500 gram," ujarnya. 

Ia menambahkan, nona sri juga memiliki kelebihan yakni jika matang buah nona sri tidak jatuh, berbeda dengan buah srikaya jika sudah matang akan jatuh. "Tanaman buah srikaya tangkainya panjang sehingga mudah jatuh jika matang. Namun, nona sri memiliki tangkai pendek dan besar sehingga jika matang tidak mudah jatuh," ujarnya. 

Lebih jauh ditambahkan, tanaman buah nona sri tumbuhnya hampir sama dengan tanaman srikaya, yakni bisa mencapai empat meter.

Foto Buah Unggul, artikel dikutip dari bisnis bali, 19 Juli 2012.