Cara Bertani Cerdas

Buah Unggul. Diberdayakan oleh Blogger.
Perkembangan di perkotaan saat ini yang makin pesat, membuat lahan pertanian makin berkurang. Ini membuktikan jika para pemilik lahan menganggap hasil dari bertani sudah tidak sesuai dengan yang diharapkan.
Menurut Made Supala, belum lama ini, dengan berkebun buah-buahan unggul akan mampu menjadi solusi memaksimalkan hasil lahan. 

Diungkapkan, harga jual hasil pertanian yang terkadang tidak sesuai dengan biaya operasional yang dikeluarkan petani, mengakibatkan petani menjadi ragu untuk menjalankan profesi sebagai petani, hingga akhirnya mereka beralih profesi lainnya. Namun, lebih jauh diungkapkan, jika dikonsep dengan benar bertani bisa menjadi sebuah bisnis yang sangat menguntungkan. Mungkin dengan cara mengembangkan teknik bertani untuk meminimalisir operasional hingga memperbesar hasil panennya.

Dikatakan, untuk meningkatkan hasil pertanian tampaknya varietas tanaman yang dikembangkan juga mempengaruhi besar kecilnya keuntungan. “Kita harus bisa melihat peluang pasar dengan varietas tanaman yang masih langka serta besarnya kebutuhan pasar. Sepertinya di antara varietas tanaman yang berpotensi besar diserap pasar, buah-buahan unggul bisa dijadikan sebagai solusinya untuk memaksimalkan hasil lahan pertanian,” katanya. 

“Asalkan dikonsep dengan baik sebenarnya bertani cukup besar keuntungannya. Apalagi jika kita bisa mengembangkan varietas yang langka dan sedang dibutuhkan pasar,” katanya. 

Dijelaskan, disebut buah unggul karena bisa menghasilkan buah lebih berkualitas ketimbang buah umumnya. Tak jarang juga buah unggul yang merupakan hasil penelitian dan percobaan guna menghasilkan varietas buah yang maksimal kualitasnya. Pada awalnya buah-buah unggul dikenalkan sebagai tanaman buah dalam pot atau tabulampot dan menjadi tanaman pelengkap aksesori pekarangan rumah. Namun, jika dikembangkan sebagai usaha perkebunan ternyata tanaman buah unggul juga bisa menjadi solusi bisnis yang menguntungkan. 

Lebih jauh dijelaskan, hasil buahnya yang berkualitas menjadikan alasan utama untuk bisa membidik pasar. Selain itu beberapa jenis buah unggul juga bisa diatur masa panennya sehingga kontinuitas panen bisa diatur. Mengenai pola dan masa panen, beberapa varietas buah bisa diatur sehingga kita bisa menikmati panen secara berkala,” katanya. 

“Masalah harga yang jelas akan lebih mahal ketimbang buah biasanya karena hasilnya lebih berkualitas. Mengenai pasar juga masih sangat terbuka luas, setidaknya saya sendiri juga bisa bantu memasarkan,” katanya. 

Foto Buah Unggul artikel dikutip dari bisnis bali, 27 Des 2010.